Home » Berita » SIMPOSIUM REGIONAL PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

SIMPOSIUM REGIONAL PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai tugas melaksanakan pengembangan dan pendayagunaan teknologi dan komunikasi untuk pendidikan. Pustekkom selaku pembina karier pejabat fungsional dilakukan secara sistematis, kontiniu, dan berkelanjutan. Semua perubahan dan perkembangan ilmu dan teknologi tentu juga berpengaruh pada terjadinya di bidang pengembangan teknologi pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi pengembangan teknologi dapat dilakukan melakukan kegiatan yang bersifat ilmiah seperti kegiatan seminar atau symposium.

1

Simposium Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (JF-PTP) yang diadakan oleh Pustekkom merupakan wadah untuk pertukaran pengetahuan dan berbagi pengalaman di antaranya para pakar dan praktisi JF-PTP di lapangan. Narasumber yang hadir pada simposium tersebut adalah (1) Plt. Kepala Simposium Dr. Ir. Ari Santoso, DEA. (2) Prof. Dr. Zainal Hasibuan, (3) Romi Satrio Wahono dan Huawei, (4) Dirjen GTK & Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.(5) praktisi dari Fujitsu, Microsoft, dan Telkom Indonesia tentang Pengembangan Teknologi untuk Pembelajaran. Simposium diselenggarakan di Hotel Menara Peninsula pada 29 sampai 31 Maret 2017, acara ini dihadiri oleh 200 peserta.

Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Undiksha juga turut hadir dalam kegiatan simposium tersebut. Jurusan TP diwakili oleh Dr. I Komang Sudarma, M.Pd. selaku ketua Jurusan TP dan I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., ST., M.Pd. Hasil dari simposium tersebut, sebagai berikut.

  1. Pengetahuan tentang perkembangan Teknologi Pembelajaran dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran.
  2. Pengetahuan tentang tugas-tugas JF-PTP dan program kerja Pustekom sebagai institusi Pembina JF-PTP.
  3. Rumusan-rumusan kebijakan untuk pengembangan karier profesi PTP secara berkelanjutan antara lain prosedur pelaksanaan uji kompetensi PTP untuk peserta inpasing dan kenaikan jenjang jabatan PTP.
  4. Pembinaan, pengembangan, penyelenggaraan diklat teknis PTP dan akreditasi penyelenggara Diklat PTP
  5. Pembinaan profesi PTP berkelanjutan; dan penguatan peran instansi pengguna PTP

2


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>